.quickedit{ display:none; }

Selasa, 20 November 2012

budaya gemar membaca


BUDAYA GEMAR MEMBACA
Budaya adalah suatu tradisi atau kebiasaan yang dilakukan secara berulang – ulang oleh individu ataupun kelompok masyarakat tertentu, Gemar adalah suatu kesukaan yang sering di lakukan oleh seseorang. Membaca adalah kegiatan melihat sebuah karya atau hasil tulisan yang membentuk sebuah kata dan kalimat, yang terdapat pada sebuah  bahan pustaka seperti buku dan computer,  serta menyimak dan menyimpan dalam memori ingatannya.
Dalam hal membaca setiap orang pasti memiliki kebiasaan dan kegemaran membaca buku masing – masing. Hal ini tentu dipengaruhi berdasarkan budaya dan tekhnik seseorang dalam belajar. Biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk mengoleksi perabot rumah tangga, pakaian dengan model terbaru, elektronik, mainan, atau bahkan lebih memilih untuk membeli makanan dengan harga yang relative mahal dibanding untuk membeli buku .
Beberapa alasan seseorang untuk kurang berminat untuk membaca buku adalah harga buku yang cukup mahal, untuk menghemat ruangannya, kurangnya waktu luang dan tidak adanya budaya membaca yang diterapkan dalam kehidupanya dari sejak kecil.
Untuk membuat seseorang agar mau membaca buku dengan waktu yang lebih lama adalah, perlu adanya kesadaran diri sendiri dan menerapkan budaya membaca, serta  menata ruangan sedemikian rupa agar lebih betah berada diruangan tersebut. Seperti penataan perpustakaan, penataan kamar atau ruangan baca dalam rumah. selain hal tesebut, pemerintah juga sebaiknya menyediakan taman baca, perpustakaan keliling, dalam setiap kota.
Dalam membaca buku,  kebanyakan orang terlebih dahulu membuat dirinya tertarik terhadap buku tersebut, entah tertarik terhadap sampulnya, judulnya, kagum dengan pengarangnya, atau bahkan adanya rasa penasaran sehingga timbul rasa keingin tahuan terhadap isi buku tersebut, yang memyebabkan seseorang mau untuk membaca buku., artikel, atau pun karya tulis ilmiah lainya.
Perlu kita ketahui bahwa buku adalah sumber ilmu yang  nomor 1. Semakin sering kita membaca maka makin banyak pula ilmu yang kita dapatkan. Orang yang lebih sering membaca akan lebih banyak mendapatkan ilmu dibandingkan dengan mereka yang kurang membaca.  Dengan membaca selain mendapatkan ilmu, juga membantu menjaga kesehatan seseorang, karna melatih otak berpikir, melatih otot dan syraf dalam tubuh kita.
NAMA : ADIPAR
NIM      : 40400110002
KLPK     : AP.1

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar