.quickedit{ display:none; }

Rabu, 23 Mei 2012

DDC 22 N PENGGUNAANYA

Salah satu pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang Pustakawan adalah menentukan nomor Klasifikasi bahan Pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud  adalah buku. Sedangkan Klasifikasi yang digunakan adalah DDC ( Decimal Dewey Classification).
Klasifikasi DDC memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem klasifikasi lain, sehingga diterima dan digunakan di berbagai negara.
Pengklasifikasian DDC menggunakan angka. Gambaran singkatnya, setiap subjek digolongkan berdasarkan kelas yang sudah ditentukan, misalnya subjek tentang Sains dikelompokkan ke dalam angka 500. Angka yang digunakan mulai dari 000-900. 
000 KARYA UMUM
100 FILSAFAT
200 AGAMA
300 SOSIAL
400 BAHASA
500 ILMU MURNI
600 ILMU TERAPAN
700 KESENIAN
800 KESUSASTRAAN
900 SEJARAH, GEOGRAFI

Cara Menentukan Nomor Klasifikasi

Pada saat anda ingin mengklasifikasi sebuah buku, hal yang terpenting ada harus memiliki sebuah buku DDC atau software E-DDC. Adapun untuk menentukan nomor klasifikasi sebuah buku bisa ditempuh dengan cara :
A. Membaca Judul Buku
Misalnya dari membaca Judul, ternyata anda sudah bisa menentukan subjek sebuah buku, maka anda tidak perlu melakukan langkah-langkah yang lain. Atau cukup membaca secara singkat.
B. Membaca Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Adanya KDT sebenarnya sangat membantu seorang pustakawan dalam mengklasifikasi sebuah buku. Karena di dalam KDT tercantum secara langsung nomor klasifikasi buku tersebut, maka seorang pustakawan tidak perlu mencari nomor klasifikasinya. Ini tentu saja mempermudah dan mempersingkat kerja seorang pustakawan.  Sayangnya, belum semua penerbit mencantumkan KDT dalam bukunya. Tapi ada juga yang mencantumkan KDT misalnya PN. Balai Pustaka.
C. Membaca Daftar Isi
Dengan membaca daftar isi, anda bisa mencari informasi tentang sebuah buku.
D. Membaca Kata Pengantar
Melalui Kata pengantar, terkadang seorang pengarang menuliskan maksud dan tujuan penulisan buku.
E. Membaca Bab demi Bab.
Hal ini perlu dilakukan jika ternyata anda belum juga berhasil meskipun sudah membaca judul, membaca daftar isi atau membaca kata pengantar.
F. Browsing di Internet
Jika PC/ Laptop anda terhubung ke internet, anda juga bisa mengetikkan judul buku anda ditambah dengan kalimat “Klasifikasi DDC”, misalnya judul bukunya Si Jamin dan Si Johan. Maka anda bisa mengetikkan di google “Si Jamin dan Si Johan Klasifikasi DDC” (silahkan ketik tanpa tanda kutip).  Anda bisa menentukan nomor klasifikasi dengan cepat, mengingat saat ini sudah banyak perpustakaan yang menampilkan koleksinya di internet.
Cara-cara di atas tidak mutlak harus dilakukan. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk bisa menggolongkan sebuah buku ke dalam kelas Klasifikasi DDC.

 DALAM PENKLASIFIKASIAN BUKU PERLU ANALISIS YANG TINGGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar