.quickedit{ display:none; }

Senin, 26 Maret 2012


Manfaat Berolahraga Di Pagi Hari


RATA-RATA orang akan merasa enggan bila diajak berolahraga, terutama di pagi hari. Malas rasanya memikirkan olah raga di pagi hari. Yang pertama kali terlintas di kepala saat bangun pagi adalah secangkir kopi, membaca koran, atau membuka email.

Tahukah Anda ada nilai lebih bila berolahraga di pagi hari ketimbang sore hari? Berikut tiga alasannya:

1. Olahraga di pagi hari meningkatkan mood
Apakah Anda tipe orang yang kerap menggerutu di pagi hari? Menurut penelitian, olahraga mampu meningkatkan endorfin yakni hormon pencipta suasana hati yang menyenangkan. Joging di pagi hari pastinya bisa menghindarkan Anda dari emosi serta membuat Anda tersenyum sepanjang hari.

2. Olahraga pagi membantu membakar kalori lebih banyak
Tak hanya bekerja, aktivitas apa pun, seperti bekerja di pagi hari, kata para ahli, mendorong metabolisme tubuh dan mengatur agar tubuh membakar kalori lebih banyak sepanjang hari, bahkan ketika beristirahat. 

3. Udara di pagi hari lebih sehat
Para peneliti percaya bahwa secara umum kualitas udara di pagi hari mungkin lebih baik ketimbang sore hari sehingga tubuh Anda tak akan terpapar banyak zat beracun dari polusi
 Sudah banyak bukti, olahraga baik untuk kita. Namun, statistik menunjukkan dua pertiga orang dewasa tidak aktif secara fisik secara teratur dan seperempatnya bahkan tidak aktif sama sekali. Banyak alasan yang disampaikan untuk tidak berolahraga.
Alasan lebih sering muncul ketika motivasi untuk berolahraga mulai berkurang atau kebosanan sudah melanda kita. Bila hanya satu sesi olahraga terlewat, mungkin tidak berarti. Jangan sampai komitmen gaya hidup sehat terkalahkan oleh alasan tidak berolahraga. Berikut ini beberapa alasan yang paling sering disampaikan untuk melewatkan olahraga, serta bagaimana mengatasinya.


 

  • Saya tidak punya waktu. Ini adalah salah satu alasam umum yang sering digunakan. Orang yang tidak aktif secara fisik memiliki waktu luang sama seperti olahragawan, jadi buanglah alasan ini. Sudah waktunya Anda melihat jadwal harian Anda. Bangun lebih pagi dan berjalan cepat di sekitar kompleks perumahan. Tentu saja, lebih baik naik tangga bukan lift, berjalan-jalan di sekitar kantor, dll. Kreatiflah dengan waktu Anda.
  • Aku terlalu tua. Olahraga adalah kegiatan awet muda. Olahraga tidak dapat menghapus kerutan pada kulit Anda, tetapi akan meningkatkan tingkat energi, menurunkan berat badan, mengurangi stres, hingga Anda bisa hidup lebih lama dan lebih sehat, serta memperbaharui kepercayaan diri. Penelitian menunjukkan, olahraga adalah obat terbaik.
  • Saya malu karena saya gemuk. Alasan ini sering dikemukakan bila harus pergi ke pusat kebugaran. Jika merasa malu dengan kondisi fisik Anda, hindari tempat yang super mewah, atau pusat kebugaran trendi. Temukan pusat kebugaran di lingkungan sekitar. Kebanyakan orang terlalu khawatir bertanya-tanya apa yang dipikirkan orang lain.
  • Saya tidak tahu di mana memulainya. Cara yang paling efektif adalah menyewa seorang pelatih pribadi. Pelatih yang berkualitas baik akan membuat Anda aman dan terbantu. Bisa juga dengan buku, situs online, acara televisi atau video yang menawarkan banyak saran dan tips.
  • Saya telah mencoba dan gagal. Orang sering berhenti karena mereka menjadwalkan latihan terlalu banyak, bekerja terlalu keras, dan tidak beristirahat. Cobalah dievaluasi apa yang salah. Buatlah jadwal kembali. Secara bertahap tingkatkan intensitas latihan.
  • Aku tidak mampu membayar keanggotaan pusat kebugaran. Mungkin benar, tetapi Anda tidak harus menghabiskan satu menit di pusat kebugaran untuk menurunkan berat badan atau agar lebih bugar. Berjalan kaki di sekitar perumahan, tempat yang tepat untuk memulai. Cobalah berjalan, bersepeda, atau berolahraga di rumah.
  • Tidak ada pusat kebugaran di dekat rumah saya. Ada  banyak tempat yang bisa dipakai untuk berolahraga. Di rumah, di tempat kerja, jalan antara rumah ke tempat kerja. Yang diperlukan hanyalah sepasang sepatu olahraga, sedikit imajinasi dan kemauan untuk mencoba hal yang berbeda.
  • Saya tidak memiliki peralatan olahraga. Jangan biarkan kurangnya peralatan menjadi alasan Anda tidak berolahraga. Cobalah push-up atau yoga, yang tidak memerlukan peralatan.
  • Olahraga membosankan. Jangan melihat olahraga sebagai kejahatan seumur hidup. Berjalan, menari, tenis, berenang, bersepeda, hiking, berkebun, aerobik, bermain dengan anak-anak seperti lompat tali, adalah bentuk aktivitas fisik yang bisa dipilih. Banyak cara untuk aktif, yang dilakukan hanyalah kegiatan yang Anda sukai dan variasikan.
  • Olahraga membutuhkan waktu terlalu banyak. Waktu terbesar dalam olahraga adalah 30 menit, sama dengan waktu yang Anda habiskan menonton serial TV. Jika tidak punya waktu sebanyak itu, bagilah dalam 10 menit dalam suatu waktu.
  • Saya stres. Justru olahraga membantu mengurangi stres dan frustasi, yang akan meningkatkan suasana hati Anda. Orang yang secara teratur berolahraga mampu menangani situasi stres dengan lebih mudah dan cenderung kurang menderita kecemasan dan depresi. Cobalah bentuk olahraga yang tidak mengharuskan untuk berkonsentrasi, seperti berjalan atau berlari.
  • Saya tidak bisa menurunkan berat badan karena genetika saya. Genetika atau metabolisme tidak ada yang bisa menghalangi berolahraga. Ada beberapa metode yang membantu Anda menurunkan berat badan terlepas dari genetika atau metabolisme yang lambat.

Ingatlah, melakukan sesuatu lebih baik daripada tidak melakukan apa pun. Pertimbangkanlah cara-cara lain untuk aktif secara fisik. Yang penting adalah melakukan lebih dari yang sudah dilakukan sekarang, dan terus melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar